Defines Pemasaran dan Manajemen Pemasaran

Terdapat beberapa definisi yang memberikan pengertian tentang pemasaran, diantaranya adalah Kottler (1974) mendefinisikan pemasaran sebagai proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan, dan bertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain. American Marketing Association (1984) mendefinisikan pemasaran sebagai hasil dari kegiatan perdagangan atau usaha yang menimbulkan aliran barang dan jasa dari produsen ke konsumen atau pemakai. Sedangkan menurut Stanton (1967), pemasaran adalah keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang atau jasa yang bisa memuaskan kebutuhan, baik kepada konsumen ataupun kepada pembeli potensial.

Disamping definisi diatas, Kottler juga pernah mengatakan bahwa marketing sebenarnya bisa didefinisikan dengan tiga kata saja, yaitu Satisfying Needs Profitabily. Artinya cukup simpel, bagaimana memuaskan kebutuhan konsumen secara menguntungkan.
Dari beberapa definisi tersebut, dapat diambil beberapa konsep inti yang mencerminkan definisi pemasaran, yaitu : kebutuhan, keinginan, dan permintaan, produk, nilai, biaya, dan kepuasaan, pertukaran transaksi, hubungan, pasar dan pemasaran serta pemasar.
Sedangkan manajemen pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan dari perwujudan, pemberian harga, promosi dan distribusi dari barang-barang, jasa dan gagasan untuk menciptakan pertukaran dengan kelompok sasaran yang memenuhi tujuan pelanggan dan organisasi. Dengan demikian manajemen pemasaran adalah proses yang mencakup analisis, perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan, juga mencakup barang, jasa serta gagasan, berdasarkan pertukaran dan tujuannya adalah memberikan kepuasan bagi pihak yang terlibat.
Sedangkan pasar didefinisikan sebagai berikut:
Pasar terdiri dari semua pelanggan yang mempunyai kebutuhan atau keinginan tertentu yang mungkin bersedia dan mampu melibatkan diri dalam suatu pertukaran guna memuaskan kebutuhan atau keinginan tertentu yang mungkin bersedia dan mampu melibatkan diri dalam suatu pertukaran guna memuaskan kebutuhan atau keinginan tersebut.

Tidak ada komentar: